Freddie Mercury

Film biopik Freddie Mercury, berjudul salah satu lagu paling legendaris Queen yaitu Bohemian Rhapsody, sedang tayang di bioskop. Tiba-tiba, banyak orang yang ngaku-ngaku jadi fansnya Queen dan Freddie Mercury. Ya, namanya Indonesia, hal menyebalkan ini udah biasa. Saya yakin, nama lahirnya beliau aja pasti banyak yang gak tahu. Jadi ini, beberapa fakta soal Freddie Mercury yang gak banyak diketahui. Semoga membantu kalian yang hendak ngaku-ngaku jadi fansnya almarhum, dan semoga membuat yang sudah lama jadi penggemarnya Freddie Mercury jadi makin jatuh cinta.

1. Bukan Orang Asli Inggris

Freddie memang terdaftar sebagai salah satu (peringkat 59) dari “100 Greatest Britons” barengan sama di antaranya Winston Churchill, Isaac Newton, Charles Darwin, William Shakespeare dan Princess Diana. Beliau juga sudah resmi jadi warga negara Inggris, tapi dia bukan orang Inggris asli. Dia lahir di sebuah negara bernama Zanzibar (sekarang Tanzania), lebih tepatnya di kota Stone Town. Lalu tumbuh besar di India, sebelum akhirnya saat ia remaja, pindah ke Inggris bersama keluarganya.

2. Nama Aslinya Bukan Freddie Mercury

Agak aneh kalau orang kelahiran Zanzibar dan tumbuh di India tapi namanya Barat banget. Emang bukan. Nama lahirnya adalah Farrokh Bulsara. Dia mengganti namanya secara resmi pada tahun 1970-an, waktu Queen mulai terbentuk di Inggris. Entah apa tujuannya mengganti nama itu, tapi yang jelas kita semua bersyukur.

3. Agamanya Zoroastrianisme

Bukan Muslim, Bukan Kristen, Bukan Hindu. Freddie dan keluarganya menganut agama yang jarang didengar orang, apalagi orang Indonesia. Namanya adalah agama Zoroastrianisme, dibawakan oleh nabi bernama Zoroaster, atau dikenal juga dengan Zarathustra. Walaupun gak banyak yang tahu, tapi agama ini adalah salah satu agama monoteis (memuja satu Tuhan) tertua di dunia, dan masih aktif sampai hari ini.

4. Mikrofon Khasnya Terjadi Tanpa Sengaja

Kalau fans benerannya Freddie Mercury pasti tahu bahwa salah satu “trademark”nya almarhum adalah mikrofon yang “gantung” tanpa dasar, alias tiangnya doang. Ini ternyata bukan sesuatu yang dilakukan supaya dia punya ciri khas, tapi terjadi tanpa disengaja. Waktu itu, di salah satu penampilan Queen di masa awalnya, tiang penyangga mikofon yang dipakai Freddie patah. Layaknya seorang entertainer sejati, dia tetap melanjutkan penampilannya. Dan ternyata, ia suka menggunakannya, lama-lama jadi kebiasaan dan ciri khas.

5. Bikin Sendiri Logo Queen

Fans Queen yang bukan abal-abal pasti tahu logo legendaris band ini. Sebuah logo bergambar huruf Q berisi mahkota yang dikelilingi dua ekor singa, seekor kepiting, dua peri bersayap, dan seekor burung phoenix. Ternyata, ini bukan dibuat oleh ahli yang disewa secara khusus, tapi dibuat sendiri oleh sang vokalis. Kenapa enggak? Freddie punya gelar di bidang seni dan desain grafis dari Ealing Art College di London. Gambar -gambar tadi melambangkan zodiak dari para personil. Logonya Freddie Mercury adalah peri bersayap, karena dia zodiaknya Virgo.